REVIEW: SIRUP JAHE SEHAT - MANTAPNYA BIKIN BAPER KAMPUNG HALAMAN

by - 02.41


Hai teman..

Setiap hari aku selalu stok jahe merah di kulkas. Kenapa? Bukan karena untuk bumbu dapur. Melainkan untuk kesehatan. Aku dan pak Lelaki surga tipe manusia yang kurang doyan obat. Makanya, suka males ke dokter. Ujung-ujungnya pasti nebus obat. Dan buanyak jenisnya.

Jadii... Kalo Tiba2 gak enak body, wedang jahe jadi andalan. Tapi, kalo udah puarah banget baru deh minum obat herbal yang dijual pasaran tuh.

Bikin wedang jahe itu butuh proses. Bakar jahe merahnya, ngupas kulitnya, diblender campur dengan sedikit air, saring, rebus. Naaahh... Yang bikin males itu bakar sama ngupasnya. Secara jahe merah kan kecil2. Gak seperti jahe yang biasa untuk bumbu dapur tuh. Ribet deh.

Tapiii... Sekarang gak lagi. Tinggal currrr, jadi deh. Si Jase, SIrup Jahe Sehat. Terbuat dari jahe asli dan gula asli. No pemanis buatan, no pewarna, dan no pengawet. Insyaallah aman, dan halalan thoyiban.


SiJase produk handmade rumahan. Diproduksi oleh salah seorang teman dekatku sendiri, yaitu nyonya Widya. Karena produk rumahan yang pemula, jadi kemasannyapun sederhana.  Dikemas di dalam botol plastik food grade ukuran 250ml. Harga perbotolnya cuma 20ribu rupiah. Yookk murah meriaaah.

Cara membuatnya seperti sirup pada umumnya. Tuang sirupnya sedikit demi sedikit. Jangan langsung banyak, nanti kemanisan. Kalo kemanisan bisa bikin diabetes. Apalagi kalo yang minum juga manis. Bisa2 diabet berganda, *eiyaaa eiyaaa. Hehehe. Kemudian tuang air panasnya. Aduk rata. Siap disantap. Hati2 panas loohh... Hehe


Kalo aku, cukup 2 sdm untuk 1 cangkir kecil ukuran 150-200 ml. 2sdm SiJase udah terasa manisnya dan pedasnya nampol, pas banget diminum di musim hujan seperti sekarang ini. Segeeerrrr. Selain rasa pedas, dan manis, ada juga rasa agak pahitnya. Dari pahitnya ini yang membuktikan kalo ini dari 100% jahe asli, *ih.. Sok tau banget sih aku. Soalnya kalau aku bikin wedang jahe sendiri juga ada rasa pahit2nya geto. Wanginya juga jahe ngeetz. Ouw iya.. Pedesnya juga bukan karena ditambah merica. Katanya ada tuh wedang jahe yang dijual di luaran sana yang pedasnya karena merica.

Si Jase ini selain bisa dibikin wedang jahe biasa, juga bisa dibikin wedang ronde, tinggal campurin daun jeruk, dan daun pandan jadilah wedang ronde kosongan. Hahaha. Kalo mau komplit ya siapin juga jendol2, agar2 dan kacang tanah sangrai. Duuuhhh.. Kog aku jadi pengen wedang rondee.

Yang suka afternoon tea. Bisa loh tea nya berubah jadi ginger drink. Jadilah afternoon  ginger drink. Kalo afternoon tea biasanya kan ada kudapan yang menemani tea nya. Kalo wedang jahe? Tenaaang... Jangan khawatir kawan. Buanyak kudapan yang cocok untuk menemani wedang jahe.

Gambar di ambil dari Sini

1. Gedhang goreng aka pisang goreng.
Ini kudapan endes gilak. Jenisnya juga banyak. Gedang goreng tepung dengan gedhangnya yang utuh atau mekrok kayak kipas. Atau gedhang iris goreng tepung. Pokoe mah judule gedhang goreng.

Gambar dari Sini

2. Gedhang godog aka pisang rebus
Waaa ikiiiiiii... Bikin aku baperrr. "Mbooook.. Anak wedhokmu kangen". Hikz hikz. Gedhang godog jawaranya gedhang. Tinggal kukus atau di rebus mpe matang. Langsung lahap. Enak dimakan pas hangat2. Seger tenan. Si mbok sering nih bikin gedhang godog. Gedhangnya dapet langsung dari pohon gedhangnya simbah putri. Waaaa... Aku baper pengen muleh.

Gambar diambil dari Sini

3. Kue klepon
Jendol2 berisi gula merah dan ditaburi kelapa parut. Serunya makan klepon tuh, kalo si klepon pas digigit ada sensasi crot dari gula merahnya. Kalo berhasil crot, wuiiiih.. Senengnya. Berasa berhasil mendapatkan hati si gebetan, *eeeh..

Gambar di ambil dari Sini

4. Kue mangkok
Kue ini bentuknya seperti kue bolu mekar tapi bukan kue bolu pada umumnya. Bolu mangkok terbuat dari tepung beras dan tape kalo gak salah. Duh.. Aku gak tau terbuat dari bahan apaan, cuma tau makan doank. Hehehe. Ini termasuk bolu jajanan tradisional. Teksturnya agak lengket pas digigit, suka nyempil di gusi juga. Hehehe.

Gambar diambil dari Sini

5. Gethuk
Waa.. Ini kesukaanku juga. Bapak2 yang jual gethuk selalu kunanti menjelang maghrib. Biasanya lewat depan rumah Solo menjelang maghrib, malah pernah setelah maghrib. Tanda kalo bapak gethuk lewat tu dengan suara musik dangdut yang bikin heboh sak RW. Goyang maaaang.

Sebenernya postingan kali ini ceritanya tuh aku lagi kangen kampung halaman. Kangen mboke. Kangen bapak. Kangen lintar ma mipo (kucingku). Kangen kuliner Solo.

Duuhh... Kog malah tambah baperrr..

Ouw iya.. Kalo mau order Sijasenya langsung kepoin IGnya @Si_Jase

You May Also Like

35 komentar

  1. Dari bulanj Desember sampai Bulan Januari lalu kami sekeluarga Bapil mba, obat dokter udah dimunim bertablet2 tapi tetep nggak sembuh. eeeh tau nggak sembuhnya karena apa?? ya karena tiap hari minum jahe dari jamu gendong. ya ampun, sampe habis kata-kata deh.. wkwkwkwkwk..
    kalo ada syrup jahe begini enak nih ya untuk di beli.. buat penghangat tiap pagi..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Ternyata maunya yang alami dan murah meriah...
      Silahkan mbak di order di order sijasenya.. *promo dikit.. 😄

      Hapus
  2. Kalau ada stock jahe, gampang ya. Tinggal bikin. Apalagi yang alami dan halal. Sehat-sehat selalu ya mba.

    BalasHapus
  3. MiNum jahe plus pisang goreng lagi hujan seharian gini cocok bgt.

    BalasHapus
  4. Aku jadi pengen klepon mbaa...makanan favoritku yang kadang susah dicari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang cari klepon yang enak susah mbak.. Mahal pula.. Masa sevuletan kecil 1000 rupiah.. Mending bikin sendiri aja.. Tapi kog males.. Hahaha...

      Hapus
  5. Jahe merah direbus dan diseduh airnya cocok diminum saat masuk angin

    BalasHapus
  6. Aduuh, mupeng sama jajanan pasarnya.
    Seger juga ya sambil minum jahe apalagi musim hujan gini...

    BalasHapus
  7. Duuh lg ujan gini nyasar di blog ini jd kepengenan yg anget2 deh

    BalasHapus
  8. Saya suka banget kelepon ..jadi ngiler deh hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli mbaaakk... Ato bikin sendiri.. Hihi..

      Hapus
    2. Beli mbaaakk... Ato bikin sendiri.. Hihi..

      Hapus
  9. Wih jahe.. Bikin seger badan mbak ini mah. Enak dibikin masakan, tp klo diminum aku ga bgtu suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kebalikannya mbak.. Kalo dibikin masakan malah kurang suka.. Jadi kalo masak pake jahe cukup dikit banhet jahenya.. Hehe

      Hapus
  10. wah, iya, hujan-hujan gini jahe emang t-o-p banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin anget badan.. Dan rilekss pikiran.. Teruz tidir deh.. Makin mantep.. Hahaha

      Hapus
  11. oh, ternyata jahenya kudu dibakar ya? wajib kah?? berdosa kah kalau nggak dibakar? eaaaa

    BalasHapus
  12. jempol deh mbaknya! aku mah beli mulu yg di jalanan susu jahe itu loh setiap pulang kerja buat menghangatkan badan huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli selalu menjadi pilihan yg tepat.. Tinggal pesen langs slurup.. Angeeettt...

      Hapus
  13. waaah tampilan getuknya lucu, pengen nyicip dong mbaaa hehe

    BalasHapus
  14. Murce ya, gak perlu repot2 rebus jahe lagi, dapat botolnya lg hehe TFS mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhul mbak.. Gak pake rempong2 lah yaakk...

      Hapus
  15. saya penggemar minuman jahe. Pokoknya yang berbau jahe sukaa bangeet :D

    BalasHapus
  16. Wah jadi inget punya kolang kaling jahe di kulkas. Aku suka semua makanan diatas kecuali kue mangkok. Entahlah aku kok nggak paham kue mangkok. Kue kok dipahami hhihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolang kaling jahe..? Baru denger aku mbak..
      Wuiihh.. Kue mangkok aja dipahami.. Apalagi hatiku.. Eyaaa eyaaa...

      Hapus
  17. duh, sedep banget! siryp jahe bisa buat dinikmati kapan saja dengan menu pendamping macam macam. enaaaaaaaa

    BalasHapus